[Tutorial] Menambahkan Bootstrap CSS Framework Pada Blogspot

Pada postingan saya ini, saya akan menjelaskan tentang cara menambahkan Bootstrap CSS framework pada blogspot.

Beriut ini adalah beberapa hal yang anda perlu ketahui tentang Bootstrap,

  1. Bootstrap adalah sebuah framework HTML, CSS, dan Javascript untuk mendesain sebuah website.
  2. Bootstrap mendukung responsive design yang artinya dapat menyesuaikan ukuran website -beserta element-element didalamnya- dengan ukuran layar pengguna.
  3. Bootstrap sudah memberikan berbagai bentuk style default untuk setiap element pendukung sebuah website, seperti Button, Input, Navigation dan lain-lainnya.
  4. Bootstrap merukan project opensource yang artinya kode yang kita gunakan dapat kita modifikasi secara penuh dan tentunya gratis.
  5. Klik Bootstrap untuk membuka alamat website dari Bootstrap.
Kembali pada topik ulasan post ini, kita dapat melakukan nya dengan langkah-langkah berikut :

  1. Pilih menu Template lalu pilih template yang anda inginkan, tetapi jika anda ingin melakukan full custom pada tampilan website anda, saya sarankan untuk memilih Simple template.
  2. Lalu klik tombol Edit HTML, ingat selalu untuk melalukan backup pada kode-kode yang ditampilkan pada halaman Edit HTML. Saya sarankan untuk copy semua kode tersebut kedalam sebuah file html di komputer lokal anda.
  3.   Pada kode html tersebut, cari baris kode </head>, lalu letakan alamat CDN bootstrap dibawah ini tepat di atas kode </head> sebelumnya.
    <link href="//netdna.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.0.0/css/bootstrap.min.css" rel="stylesheet"></link>
    <script src="//ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.10.2/jquery.min.js">
    <script src='//netdna.bootstrapcdn.com/bootstrap/3.0.0/js/bootstrap.min.js'/>
    
  4.  Klik save template untuk menyimpan perubahan yang telah anda lakukan.
  5. Sekarang anda bisa menggunakan class-class CSS serta fungsi-fungsi Javascript yang disediakan oleh framework Bootstrap.
Sebagai contoh hasil dari penggunaan Framework bootstrap pada blogger adalah pada blog saya ini, saya menggunkan Framework Bootstrap 3.0.



Sekian penjelasan untuk cara menambahkan Framework Bootstrap pada Blogger. Selanjutnya saya akan membahas bagai mana cara menambahkan Carouser Slider Bootstrap pada Blogger.  Terimakasih telah membaca artikel pertama saya

    No comments:

    Post a Comment