Membuat Wajan Bolic e-goen

malem....

Okelah, sekarang kita bakal ngebahas tentang wajan bolic e-goen. Kenapa??? Karena saya teringat dengan dosen saya yang pernah memberikan tugas wajan bolic ini.
Apa fungsinya??? untuk mendapatkan sinyal wifi walau akses pointnya jauh. Ini paling asik buat yang niat jahat(hacking wireless), tapi tutorial ini tidak boleh diterapkan untuk kejahatan.!

Sedikit cerita, saat itu saya masih semester 2 di stikom, nah ada seorang dosen  yang memberikan tugas membuat wajan bolic ini. Saat pembuatan(yang harusnya dikerjakan sekelas) saya bersama beberapa teman bersusah payah merancang wajan ini. Hadeeehh... akhirnya om google memberikan referensi yang sangat bagus untuk masalah saya.

oke, kita lanjut ke intinya. Untuk masalah yang saya temukan saat membuatnya akan saya jelaskan nanti.

pertama, siapkan alat dan bahannya, yaitu :
1. USB wireless
2. Kabel UTP
3. Wajan/penggorengan
4. Pipa paralon 3" dan 1.25"
5. Dop pipa paralon 3" dan 1.25"
6. Alumunium foil
7. Baut + mur 2 buah
 8. Gunting, tang, bor, penggaris, double ttip

Kalau semua sudah siap, sekarang kita masuk keproses pembuatan.
1. Lubangi wajan dan dop paralon tepat di tengahnya.
2. Pasang satu dop 3" pada wajan. Rekatkan dengan baut dan mur.
 

3. Pasang juga dop 1.25" pada dop 3" dengan mur dan baut. ini akan berfungsi saat USB wife sudah terpasang.

4. Hitung titik fokus wajan dengan rumus : f = D^2(16*d)
dimana : D = Diameter wajan , d = kedalaman wajan dari pusatnya.

5. Potong pipa kira-kira 20cm, lapisi dengan alumunium foil. Sisakan(jangan dilapisi) beberapa sentimeter dari salah satu ujung pipa, jarak ini diperoleh dari fokus yang telah kita hitung debelumnya. Jangan lupa lapisi juga dop yang tidak terpasang pada wajan.

6. Hitung tempat kita akan memasang USB Wifi nantinya (inilah yang menjadi kesalahan saya dulu dengan tidak menghitungnya). Gunakan software Cantennator. Software ini sebenarnya untuk perhitungan pada antena kaleng Bolic. untuk mendapatkan softwarenya, cari aja di google.

7. Pasang USB Wifi pada tempat yang kita tentukan tadi.


8. Tutup pipa dengan dop yang telah dilapisi alumunium foil. lalu pasang pada wajan.


9. Wajan bolic berhasil diselesaikan. hehehehehe

10. memebuat extender USB agar memakai USB yang diperpanjang dengan kabel UTP jadi maksimal.
nah, karna saya sudah agak malas mencet-mencet tombol keyboard, jadi langsung aja ke  http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Teknik_USB_extender

11. Wajan siap di uji coba.

yah, sekian dulu dari saya. Sebelum mengakhiri artikel ini saya mau mengucapkan terima kasih pada bapak Onno W. Purbo  yang telah memperkenalkan wajan bolic ini kepada rakyat jelata(berlebihan/lebay).

sumber gambar : http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Teknik_wajanbolic_e-goen

No comments:

Post a Comment