Dasar Pemrograman Java


A. Analisa Program
public class belajar
{
     public static void main(String[] args)
{
  System.out.println("Belajar JAVA");
}
     }


     baris : public class belajar
baris ini mendeklarasikan nama kelas pada program java, yaitu kelas belajar. Kelas ini menggunakan akses public dimana kelas ini memiliki akses bebas ke class yang lain dari package(kumpulan class) lain pula. Setiap class pasti berisi blok dimana akan berisi perintah-perintah yang ada dalam klas tersebut. Tanda { merupakan awal blok dari suatu class dan tanda } merupakan akhir blok.

baris : public static void main(String[] args)
baris ini mengindikasikan bahwa class belajar menggunkana method main/method utama. Setiap program dalam java(kecuali java applet) menggunakan method main sebagai awal program. Method ini juga berisikan blok yang akan diisi dengan perintah-perintah selanjutnya.

baris : System.out.println("belajar java");
baris ini akan menampilkan tulisan belajar java pada layar. Ini karena pernyataan System.out.println() akan menampilkan teks yang ada didalam kurung. Setiap pernyataan dalam java harus disertakan dengan tanda ; (titik koma).


B. Pernyataan dan block Dalam Java
       Contoh sebuah pernyataan adalah

    System.out.println("belajar java");

Pernyataan adalah satu atau lebih baris kode yang diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ). Sedangkan block adalah beberapa pernyataan yang ada diantara kurung kurawal buka dan tutup. Pernyataan-pernyataan ini adalahsatu kesatuan unit. Contoh block :
public static void main(String[] args)
{
    System.out.println("bock dengan 2 pernyataan");
System.out.println("Belajar JAVA");
}


C. Java Identifier
Java Identifier adalah suatu tanda yang mewakili nama-nama vaiabel, method, class dsb. Contoh dari pengidentifikasi adalah : Hello, main, System, out.

Pendeklarasian Java adalah case-sensitive. Hal ini berarti bahwa pengidentifikasi : Hello tidak sama dengan hello. Pengidentifikasi harus dimulai dengan salah satu huruf, underscore "_", atau tanda dollar "$". Hurufnya dapat berupa huruf besar maupun huruf kecil. Karakter selanjutnya dapat menggunakan nomor 0 smpai 9.

Pengidentifikasi tidak dapat menggunakan kata kunci dalam java seperti class, public, void, dsb. Selanjutnya kita akan berdiskusi lebih banyak tentang kata kunci dalam java.

No comments:

Post a Comment